Friday, November 5, 2010

Perkembangan Manajemen Sehingga Adanya Manajemen Komunikasi

Sekarang kita akan membahasa tentang bagaimana Manajemen Komunikasi terbentuk.

Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. (Ricky W. Griffin)

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Dapat juga dilakukan dengan cara non-verbal dengan menggunakan gerakan-gerakan tubuh.

Manajemen komunikasi sendiri artinya adalah sistematis perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan revisi dari semua saluran komunikasi dalam suatu organisasi. Definisi lainnya, Manajemen Komunikasi adalah pengaplikasian penggunaan sumber daya manusia dan teknologi secara optimal untuk meningkatkan dialog antar manusia. Michael Kaye mendefinisikan bahwa manajemen komunikasi adalah cara manusia atau individu mengelola proses komunikasinya melalui penyusunan kerangka makna tentang hubungan mereka dengan orang lain dalam berbagai situasi atau konteks. Manajemen komunikasi sangatlah berguna dalam organisasi, selain untuk perencanaan, juga untuk mengatur jalannya suatu pekerjaan secara efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan

Seiring dengan munculnya era reformasi dan era keterbukaan saat ini, menuntut setiap elemen organisasi memanage kemasan komunikasi agar masyarakat dapat memahami program yang akan dilaksanakan. Untuk itu diperlukan keahlian dalam bidang manajemen komunikasi.

Program studi Ilmu Manajemen Komunikasi membentuk profesional-profesional yang mampu menyusun strategi komunikasi (merencanakan, mengorganisasikan, serta mengevaluasi) di bidang komunikasi sosial. Untuk menjadi profesional, Ilmu Manajemen Komunikasi membekali mahasiswa dengan wawasan teoritis dan keterampilan praktis.

No comments:

Post a Comment